Skip to main content

Newest Post

When I Miss My Friends

Bonjooouurr! Asli, kangen banget nulis disini ๐Ÿ˜„. Kalau dilihat-lihat, gue udah nggak blogging semenjak awal tahun 2021. Gue tidak ingin mengklaim diri gue sibuk, tapi pada kenyataannya, selama gue nggak nge- blog, banyak sekali hal yang perlu gue rumat sebagai budak korporat. Budak korporat disini nggak selalu negatif kok, hihi. I was attended a quite-long training from my company. Pelatihan yang biasanya hanya memakan waktu sekitar sebulan, ini bisa ditotal jadi tiga sampai empat bulan. Pelatihan ini sangat penting untuk karyawan baru di divisi gue, jadi gue nggak boleh menyia-nyiakannya. Apa yang gue dapatkan kemarin akan sangat mempengaruhi performa gue sebagai karyawan di perusahaan gue. Photo by Andrea Piacquadio from Pexels Aktivitas yang menurut gue melelakan--namun juga mengasyikan--ini lah yang membuat gue ngga fokus untuk berpikir yang lain. Oh, kalau ada teman-teman yang bilang gue aktif di media sosial tapi nggak blogging , somehow , ada feel yang sempat hilang disini. Un

Indonesian Instant Noodle Photo's Copy Cat!

Weekend telah tiba! Saatnya kembali ke laptop. Bukan untuk kerja, tapi untuk bersenang-senang (baca : blogging), hehehe.

Walaupun begitu, gue selalu menyempatkan diri untuk blogwalking saat jam-jam istirahat kerja supaya gue nggak ketinggalan postingan seru dari temen-temen blogger. Ngomong-ngomong tentang blogwalking, beberapa hari yang lalu gue membaca postingan dari Lia yang berjudul "Aku dan Mie". Waktu gue lagi baca isinya, gue langsung dong membayangkan betapa enaknya makan mie instan kuah pake telur, sawi, dan cabe rawit. Emh... Ngebayanginnya aja sudah bikin perut keroncongan.

Besoknya, langsung gue makan mie instan buatan gue sendiri, karena waktu gue lagi baca itu sudah larut malam. Selain itu, gue jadi teringat salah satu hal unik yang pernah gue alami, yaitu ikut perlombaan masak Indomie! 

Indomie Kuah
Sumber : Dok. Pribadi

Pasti pada mikir, hah masa sih masak Indomie aja dilombain?

Oke gue ceritain dulu. Jadi, tanggal 17 Agustus 2020 yang lalu, dimana kondisi Indonesia masih diselimuti oleh pandemi Covid-19, divisi di kantor gue berusaha untuk memperingati hari tersebut agar tetap meriah seperti tahun-tahun yang lalu. Nah, salah satunya dengan membuat perlombaan masak Indomie ini.  Nama perlombaannya adalah Indomie Masterchef.

Awalnya, gue kira kita disuruh masak Indomie dengan kreasi kita, entah burger Indomie, pizza mie, Indomie susu, atau apalah gitu. Namun ternyata tidak pemirsa! 

Masak Indomie Mirip Bungkusnya
Sumber : Dok. Pribadi

Para peserta harus mengkreasikan tampilan Indomie-nya sesuai dengan foto salah satu varian Indomie yang telah ditentukan oleh panitia. Jadi, nggak ada kriteria rasa makanan dalam penilaian. Dalam hati gue, waduuuh ini sih susah ๐Ÿ˜‚. Kalo gue disuruh bikin Indomie kreasi gue sendiri, pasti banyak resep yang bisa dimodifikasi. Lah ini, yang paling mirip sama bungkus Indomie yang lolos. Namun akhirnya gue jalankan! Saya tidak boleh kalah tanpa berperang! ๐Ÿ˜†


Babak Semifinal : Harus Mirip Indomie Rasa Soto Mie

Babak pertama, peserta harus mengkreasikan Indomie-nya seperti bungkus varian Indomie Rasa Soto Mie. Varian yang ditentukan panitia baru diberitahukan H-1 hari perlombaan. Gue harus membuat Indomie di depan pimpinan divisi gue sambil nge-Zoom! Pada hari yang sama, gue harus mengumpulkan foto dan video sebagai bukti memasak sendiri. 

Hari sebelumnya, tentu dong gue liat dulu tuh bungkusan Indomie lekat-lekat, supaya nanti nggak ada yang kelewat waktu beli bahan-bahannya. Setelah itu, gue buru-buru ke supermarket untuk beli bahannya. Kalau diliat-liat, bahan-bahan yang ada di bungkus varian ini lebih gampang dicari di pasar atau tukang sayur. Tapi gimana ya, waktu itu udah sore dan sulit menemukan mereka kalau nggak di supermarket ๐Ÿ˜…. 
Bahan-bahan Indomie Rasa Soto Mie
Sumber : Dok. Pribadi

Saat hari H, gue deg-degan banget doong, padahal kan niatnya cuma buat seru-seruan aja ya. Gue diberi waktu memasak dan menghias dalam satu jam saja. Waktu masak, gue harus sambil dengan nge-video-in proses memasak gue dengan sedikit bantuan dari adik gue. Nggak mungkin aja gitu kalau lagi plating (berasa chef beneran...) tangan gue yang bisa dipakai hanya satu karena satu lagi pegang HP. Selesai memasak, gue langsung menghias mangkuk gue semirip foto yang ada di bungkusan Indomie Rasa Soto Mie ini.

Ada cerita lucu saat gue menghias Indomie ini. Gue nekat mau pakai daun selada karena dari hari sebelumnya gue nggak nemu daun seledri utuh dimana pun. Ya nggak cocok dong ๐Ÿ˜Œ Akhirnya gue nitip orangtua gue pas lagi beli sarapan dan dibeliin satu ikat besar. PR selanjutnya adalah... Menghabiskan seledri.

Hasilnya? Gue lolos ke Final ๐Ÿ‘€ Dari 9 peserta, dipilih 5 orang untuk lanjut ke babak Final.

Indomie Rasa Soto Mie
Sumber : Dok. Pribadi

Babak Final : Harus Mirip Indomie Rasa Ayam Geprek 'Hype Abis!'

Babak selanjutnya ini lebih menegangkan, karena setelah diumumin finalisnya, besoknya finalis langsung bertanding dan dilihat rekan-rekan dari satu divisi juga!

Di babak ini, finalis disuruh mengkreasikan Indomie-nya semirip mungkin dengan Indomie Rasa Ayam Geprek 'Hype Abis!'. Indomie ini pedas banget buat gue dan harus ditambah lagi sama ayam geprek dengan cabe yang sudah diulek. Setelah jadi Indomie-nya, jelas bukan gue yang makan ๐Ÿ˜‚.

Proses memasak dan menghiasnya kurang lebih sama dengan final, namun gue agak kesulitan saat memasak telur mata sapi setengah matang. Konon katanya, telur tersebut menjadi kriteria penilaian yang paling utama... Jadi gue amat sangat perfeksionis dalam memasaknya. Percobaan pertama sempat gagal, karena saat telurnya diletakkan di piring, bagian kuning telurnya berantakan karena masih cair. Pikir gue, tidak ada chef yang langsung hebat kok. Hahahaha. Tapi percobaan kedua sukses.

Ada cerita juga disini. Di bungkusnya, Indomie Rasa Ayam Geprek ini disajikan di atas piring hitam. Tapi gue nggak punya๐Ÿ˜ž. Jadinya gue memutuskan untuk menggunakan mangkuk hitam juga tapi gue kasih piring kecil di bawah si mie agar terlihat penuh di atas. Kreatif nggak? 

Indomie Rasa Ayam Geprek Hype Abis
Sumber : Dok. Pribadi

Di babak ini, persentase penilaian terhadap video cukup besar, sehingga gue lebih niat bikin videonya dibanding babak Semifinal. Dari konsep, iringan lagu, cara syutingnya, gue buat ala-ala program TV masterchef gitu deh. Bedanya Semifinal dan Final juga terletak pada penilaian dari rekan-rekan divisi melalu voting, soalnya di Semifinal nggak ada. 

Voila! Gue juara 3. Hehe.

Sumber : Dok. Pribadi

Seru banget hype-nya kalau gue inget-inget lagi, karena benar-benar ngisi waktu saat pandemi. Terimakasih kelas nge-blog nya bagi Ruang Aksara karena membuat gue ingat terhadap kegiatan unik dan favorit saat pandemi ini, salah satunya perlombaan ini. Gue juga bisa mengeksplor kemampuan gue untuk foto dan syuting video produk! Soalnya semuanya gue lakukan dengan konsep gue sendiri dan tentu dengan bantuan dari adik tercinta untuk ngefotoin gue sama produknya.

Kalo kegiatan unik lo apa?

Comments

  1. Wah ide lombanya keren banget ya kak, mengasah kreativitas "mendadani" indomie ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak ๐Ÿ˜Š hihi iyaa, baru kutemukan lomba seperti inii

      Delete
  2. Walau nggak bisa tatap muka masih bisa lomba online, kreatif banget kantornya! Btw, selamat juara 3 mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe Alhamdulillah punya kantor yang menumbuhkan jiwa-jiwa kreatif karyawannya๐Ÿ˜‚ terimakasih ya Mbak!

      Delete
  3. Waaaw seru banget mba Jez, dan mie-nya betulan mirip seperti di bungkusan ๐Ÿ˜ hahaha ~

    By the way untuk ayam gepreknya mba Jez masak juga? ๐Ÿ˜† Totalitas bangettt, nggak heran kalau mba jadi juara. Penasaran sama juara satu dan dua, sebab punya mba Jez sudah terlihat sama dengan yang di bungkusan. Kira-kira pemenang satu dan duanya akan lebih semirip apa ๐Ÿ˜ hehe.

    Congrats ya, mbaaa ๐Ÿฅณ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah syukur deh kalo banyak yang bilang mirip gini. Jadi nggak sia-sia kan jadi juara๐Ÿคญ

      Iyaa aku masak ayam gepreknya juga kak, terus cabenya juga aku ulek dikit๐Ÿคฃ niat banget nggak siihh?

      Yang dapet juara 1 dan 2 itu senior-seniorku, selain mirip, dapur mereka juga rapi dan cara masaknya bersih. Kayaknya aku masaknya terlalu urakan deh waktu itu ๐Ÿ˜‚

      Delete
  4. Team indomie soto!

    Salam kenal yaa, aku dari kelasnya mba dedew....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Favoritku juga Mbak! Hehe iyaa, terimakasih sudah mampir dan salam kenal jugaaa ๐Ÿ˜Š

      Delete
  5. Haha, seru dan kreatif ya lombanyaa..jadi makin semangat walau kerja di rumah...ngiler pengen Indomie jugaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Dedew! Cikgu mereply postinganku ternyata ☺️

      Hihi iya jadi semangat karena nggak ada yang ngeliatin secara langsung, jadi nggak malu๐Ÿ™ˆ bikin Mbaak takutnya kebawa mimpi! Hahaha

      Delete
  6. Selamat mba, berhasil juara 3. Emang sunny side up nya keren, dah kayak di hotel2๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe terimakasih mbak! Terimakasih juga sudah mampir ๐Ÿ˜Š

      Delete
  7. Wahaha kemarin aku juga baca postingan mbak Lia tentang "aku dan mie" dan aku langsung pesen mie rebus dong waktu istirahat ๐Ÿ˜‚

    Seru banget ya kantor mbak Jez sampe buat lomba masak mie segala haha.. aku juga jadi penasaran sama juara 1 dan 2 nya.. aku ngeliatnya dekorasi final mie mbak Jez udah sama persis sama yang dibungkusnya.. ditambah lagi sampe niat banget kaya gitu plus buat telor mata sapi perfek ๐Ÿ™ˆ

    Good job mbak Jez haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ternyata bukan aku sajaa ๐Ÿ˜Š mie instan memang sangat menggiurkan ya.

      Iyaa nih Alhamdulillah 17an kemarin nggak sepi.. persis banget yaa sama kak Eno yang pengen tau juga juara 1 sama 2 nya๐Ÿคฃ begitulah, mungkin ada faktor X yang aku belum tau sampai sekarang haha.

      Terimakasih looh Kak!

      Delete
  8. Nyiahahaha langsung balas dendam dengan makan indomie keesokan hari setelah baca post aku ya Kak ๐Ÿคช aku juga sama! Terus 2 hari kemudian, aku lanjut dengan makan bakmie karena ngiler juga akibat tulisan sendiri ๐Ÿคฃ

    Kak Jez, keren banget bisa menghias indomie sampai mirip dengan bungkusnya ๐Ÿ™ˆ apalagi pas bagian ke-2, kreatif banget sampai menyelipkan piring kecil agar indomienya terlihat penuh. Kreatif banget! Kepikiran aja deh ๐Ÿคฃ

    Anyway, congrats karena udah menjadi juara ke-3!! Pasti happy banget dan jadi ada kerjaan juga di rumah biar nggak bosan ya ๐Ÿคช

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha harus tanggung jawab niih, aku juga jadi makan ramen hari ini๐Ÿ˜‹ tapi nggak apa-apa, mumpung bisaaa Lii๐Ÿ™ˆ

      Hehe terimakasih yaaa, berkat dulu aku pernah ikut salah satu mata kuliah yang menuntut aku untuk kreatif nih. Soalnya kalo foto produk mah kan cuma diliat aja ya hasil fotonya, jadi nggak masalah. Perihal angle dan lighting aja wkwk.

      Terimakasih lagi ya! Hahaha bener Li, at least waktu itu jadi seru☺️

      Delete
  9. Selamat mbak juara 3 nya ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

    Btw, aku jadi ngiler dan akhirnya bikin mi rebus dong! wkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasiiih! Hehehe

      Wah nggak apa-apa Mbak, pastiin aja nggak sering-sering makan mie instannya ๐Ÿ˜‚

      Delete
  10. Selamat Mbak! ceritanya bikin laper tengah malam gini..hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya :) hihi boleh tuh langsung masak mie nya supaya lapernya hilang

      Delete
  11. Wah seru bgt lombanya.. ga kebayang pas lagi masak indomie sambil ngzoom ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Selamat juara mba..
    Salam kenal mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi gitu deh Mbaak, rusuh-rusuh sendiri pas lagi masak karena dilihatin๐Ÿ™ˆ terimakasih yaa Mbak! Salam kenal juga๐Ÿ˜Š

      Delete
  12. Otw dapur.. Bikin mie instant.. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Mbak Anne! Selamat menikmati๐Ÿ˜Š

      Delete
  13. Wiiiee..seru banget ya Mbak..Alhamdulillah .akhirnya dapat juara jua..

    Sukses selalu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak, jadi nggak bosen di rumah dan eksplor hal baru๐Ÿ˜Š

      Terimakasih ya Mbak, btw salam kenal jugaa!

      Delete
  14. Ya ampun sebagai pencinta indomi garis keras aku ikutan ngilerr bacanya, kreatiff bgt mba selamat yaa dapat juaraa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe toss ya Mbaak! Terimakasih ๐Ÿ˜Š

      Delete
  15. Aaaaah kegiatan yang sungguh berfaedah sekali ini! Apalagi result-nya berhasil meraih juara tiga yaa! ๐Ÿ˜† tapi emang keren banget lho, itu yang Indomie Soto persis banget. Emang keliatan niatnya hahahaha

    Temenku yang tinggal di LN juga mengikuti lomba serupa lhoo. Kok bisa janjian gitu ya bikin lomba? ๐Ÿ˜‚ Dia minta tolong aku nge-like postingan lombanya di Facebook. Dia menang juga dan hadiahnya dapet satu kardus Indomie ๐Ÿ˜‚ buat anak perantauan hadiahnya berasa dapet emas segepok wkwkwk

    Btw, aku jadi penasaran. Rasa indomienya lebih enak nggak dimasak persis seperti di bungkusnya? Apa rasanya lebih enak hanya dengan telor setengah matang plus cabe rawit? Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tentuu sangat berfaedah๐Ÿคฃ awalnya cuma buat asik-asikan, pas ngeliat yang lain pada serius-serius banget, aku jadi niat deh.

      Oh yaaa? Wah itu pasti nambah kangen paraah sama Indonesia. Hihi soalnya unik dan sederhana lombanya, tapi hypenya sangat terasa. Iyaa Indomie disana mahal kan yaa! ๐Ÿ˜‚

      HEHE wah kalo Kak Jane tanya jawabanku, ya pasti cuma pake telor setengah matang plus cabe rawit plus sawi dan bawang goreng๐Ÿคฉ๐Ÿ˜…

      Delete
  16. Hujan hujan baca ginian salah fokus dehhh sama gambarnya, bikin ngilerrrr langsung pengen makan indomie :)

    Nice info mbakk ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha semoga ngilernya ngga keterusan mbaaak๐Ÿ˜‚

      Delete
  17. bikin mienya udah bagus, sudah bisa saingan sama warmindo kak..hahhaha
    Selamat untuk juara ketiganya :D
    Kantornya niat banget dengan bikin lomba kayak gini. Panitia mikirnya lomba bikin mie instan. Peserta mikirnya bikin mie sekaligus bikin video dan foto agar tampilan mie jadi lebih bagus..Apa yang dipikirkan panitia berbeda dengan apa yang dipikirkan peserta....hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo rasanya nggak bakal bisa disandingkan dengan warmindo, soalnya jelas kalah telaak๐Ÿ˜‚

      Terimakasih ya, hehe iya nih saking nggak bisa kemana-mana jadi dibuatlah acara ini. Nah itu dia! Memang kadang ekspektasi tidak sesuai dengan realita๐Ÿ˜…

      Delete

Post a Comment

Other Posts